Manfaat SIG untuk sumber daya alam

Manfaat SIG dewasa ini khususnya dalam menyongsong pembangunan di masa mendatang semakin penting. Informasi yang dihasilkan SIG merupakan informasi keruangan dan kewilayahan, maka informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk inventarisasi data keruangan yang berkaitan dengan sumber daya alam dan bencana alam. Berikut ini akan dibahas mengenai manfaat SIG secara lebih terperinci.

Manfaat  SIG dalam inventarisasi sumber daya alam

Pembangunan fisik dan sosial di Indonesia terus ditingkatkan sesuai dengan meningkatnya jumlah penduduk dan berkembangnya kehidupan yang serba kompleks. Perkembangan tersebut mendorong perlunya informasi yang rinci tentang data sumber daya alam, yang mungkin dapat dikembangkan. Data aneka sumber daya alam hasil penelitian dijadikan modal sebagai bahan baku untuk perencanaan pembangunan. Secara sederhana manfaat SIG dalam data kekayaan sumber daya alam adalah sebagai berikut:
a.   Untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan barang tambang lainnya.

b. Untuk mengetahui persebaran kawasan lahan, misalnya:
-    kawasan lahan potensial dan lahan kritis.
-    kawasan hutan yang masih baik dan hutan rusak.
-    kawasan lahan pertanian dan perkebunan.
-    pemanfaatan perubahan penggunaan lahan.

Penjelasan Materi SIG bisa dilihat di bawah ini
Jonny Richards

Templateify is a site where you find unique and professional blogger templates, Improve your blog now for free.

1 Comments

  1. GIS bisa digunakan untuk memetakan daerah yang berpotensi untuk dimanfaatkan SDAnya sehingga memudahkan pemerintah mengendalikan dan memanfaatkannya untuk kepentingan bersama.
    Kunjungi website saya : https://alfian.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    Juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post