BENTUK LAHAN ASAL STRUKTURAL

Bentuk lahan asal struktural tersusun dari seseri lapisan, baik yang telah terusik oleh suatu tekanan maupun yang belum terusik. Terbentuk karena adanya proses endogen berupa tektonisme atau diatropisme. Proses ini meliputi pengangkatan, penurunan dan pelipatan kerak bumi sehingga terbentuk struktur geologi lipatan dan patahan. Selain itu terdapat struktur horisontal yang merupakan struktur asli sebelum mengalami perubahan. Dari struktur pokok tersebut dapat dirinci menjadi berbagai bentuk berdasarkan sikap lapisan batuan dan kemiringannya.
A. Ciri-ciri Bentuk Lahan Asal Struktural
1. Dip dan Strike batuan resisten - non resisten jelas
2. Horizon kunci jelas .
3. Adanya sesar, kekar, pecahan: gawir sesar, sesar bertingkat
4. Adanya materi interusif: dike, kubah granitik.

B. Satuan Bentuk Lahan Asal Struktural
1. Pegunungan blok sesar adalah pegunungan yang tersusun dari batuan klastik, ditandai oleh berbagai bentuk patahan, misalnya: graben, sembul, triangle facet, dan sebagainya.
2. Gawir sesar yaitu tebing patahan memanjang, terjadi karena adanya dislokasi.
3. Pegunungan/perbukitan antiklinal adalah pegunungan yang tersusun dari batuan plastis, terdiri atas unit-unit punggung lipatan. Lembah yang terdapat di puncak antiklin setelah tererosi disebut combe.
4. Pegunungan/perbukitan sinklinal, tersusun dari batuan plastis, terdiri atas lembah¬ lembah lipatan
5. Pegunungan/perbukitan monoklinal adalah pegunungan lipatan yang terjadi karena adanya tekanan pada satu titik saja yang tingginya > 500 m disebut pegunungan monoklinal, < 500 m disebut perbukitan monoklinal. Monoklinal (homoklinal yang lerengnya   11o disebut cuesta.
6. Pegunungan/perbukitan kuba (Dome) adalah pegunungan/perbukitan tunggal yang lerengnya landai, terjadi karena proses updoming. Kubah yang berstadia dewasa di puncaknya terdapat sistem lembah berbentuk segitiga (triangle facet) yang disebut flat Iron.
7. Pegunungan/perbukitan Plato, merupakan tanah datar dengan struktur horisontal, dengan ketinggian > 500 m untuk pegunungan dan < 500 m untuk perbukitan. Pada umumnya dikelilingi oleh kelompok volkan atau rangkaian pegunungan.
8. Teras struktural, merupakan permukaan bertingkat yang terjadi oleh pengangkatan yang berulang-ulang pada suatu tempat, misalnya step fault.
9. Perbukitan mesa adalah perbukitan yang puncaknya datar dengan struktur horisontal sebagai akibat proses erosi. Perbukitan yang mirip mesa tetapi puncaknya lebih sempit disebut butte. Mesa dan butte berasal dari plato yang tererosi.
10.Graben (slenk) adalah tanah patahan yang turun sehingga permukaannnya lebih rendah dari daerah sekitar. Terjadi karena daerah tersebut mengalami penurunan/ penenggelaman.
11.Sembul (Horst) adalah tanah patah yang lebih tinggi dari daerah sekitar, terjadi karena pengangkatan (up lift).
* Kenampakan dominan pada bentuk lahan asal struktural adalah adanya sesar yang disebabkan oleh pergeseran posisi lapisan (dislokasi)  batuan di suatu tempat.
* Ciri-ciri sesar adalah : .
1. Trapezoidal facet, bentuk daerah yang menyerupai trapesium.
2. Triangle facet. sistem lembah berbentuk segitiga.
3. Hanging falley, suatu lembah yang letaknya di atas lembah yang sekarang ada.
4. Breksi besar, merupakan lapisan butiran batuan runcing-runcing pada dinding/permukaan sesar.
5. Milovit, hancuran batuan-batuan seperti tepung sebagai akibat gesekan pada sesar.
6. Jalur mata air pada tebing sesar, sebagai akibat butiran permiabel tersingkap.
7. Slicken side, permukaan alur yang licin pada permukaan sesar karena gesekan.
8. Cermin sesar, permukaan mengkilap pada permukaan batuan karena gesekan.
9. Kelurusan, terdapat pola permukaan yang lurus karena patahan pada sesar.
10. Gawir sesar, merupakan dinding patahan yang terjal dan memanjang.
11. Perbedaan topografi yang menyolok pada daerah yang patah.
12. Lapisan batuan tidak kontinu (omisi) karena adanya patahan.


Jonny Richards

Templateify is a site where you find unique and professional blogger templates, Improve your blog now for free.

2 Comments

  1. hidup saya layak untuk dijalani dengan nyaman bagi saya dan keluarga saya sekarang dan benar-benar belum pernah melihat kebaikan yang ditunjukkan kepada saya sebanyak ini dalam hidup saya karena saya telah melalui masalah seserius anak saya menemukan kecelakaan mengerikan dua minggu terakhir, dan dokter menyatakan bahwa dia perlu menjalani operasi yang rumit agar dia dapat berjalan lagi dan saya tidak dapat membayar tagihan, kemudian operasi Anda pergi ke bank untuk meminjam dan menolak saya dengan mengatakan bahwa saya tidak memiliki nilai kredit, dari sana saya lari ke ayah saya dan dia tidak dapat membantu, kemudian ketika saya menelusuri jawaban yahoo dan saya menemukan pemberi pinjaman pinjaman mr, pedro, menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga yang terjangkau saya tidak punya pilihan selain mencobanya dan mengejutkan itu semua seperti mimpi, saya mendapat pinjaman sebesar $ 110,000.00 untuk membayar operasi anak saya kemudian mendapatkan bisnis yang nyaman untuk membantu saya berjalan juga. saya bersyukur hari ini baik dan Anda dapat berjalan dan bekerja dan beban lebih lama pada saya lebih banyak dan kami dapat memberi makan dengan baik dan keluarga saya bahagia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan berduka dengan keras di dunia keajaiban tuhan kepada saya melalui pemberi pinjaman yang takut akan tuhan ini mr pedro dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi pria yang takut akan tuhan ini di ...... pedroloanss@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post