Faktor Pengembangan Wilayah Berkelanjutan

 Faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengembangan wilayah?

Pengembangan wilayah merupakan rangkaian upaya untuk mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan berbagai sumber daya, memeratakan dan menyeimbangkan pembangunan nasional dan kesatuan wilayah nasional, meningkatkan keserasian antar kawasan, keterpaduan antar sektor pembagunan melalui proses penataan ruang dalam rangka pencapaian tujuan pembanguanan berkelanjutan. Dalam penembangan suatu wilayah diperlukan suatu perencanaan dan strategi yang matang agar tercapai tujuan yang diinginkan. Untuk itu ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembagan wilayah, diantaranya:



a.   Faktor Fisik

Faktor fisik wilayah meliputi kondisi iklim, kondisi geografis, kondisi gemomorfologis dan Topografi. Dari kondisi fisik tersebut akan menentukan sumber daya alam yang dimiliki wilayah, sehingga dengan adanya sumber daya alam yang potensial dari wilayah tersebut dapat dikembangkan secara optimal. Dengan memanfaatkan sumber daya alam secara optimal untuk pembangunan perekonomian wilayah, karena sumber daya alam merupakan investasi daerah sebgai pemasukan ekonomi daerah, daerah akan berkembang dan makmur jika memiliki sumber daya alam yang melimpah dan dimanfaatkan secara optimal. Sehingga PDRB dan APBD daerah akan meningkat.  faktor fisik yang sangat berpengaruh adalah kondisi iklim, karena Iklim tersebut akan menetukan komoditas lokal daerah yang akan menjadi unggulan. Contoh untuk di kabupaten Tuban sendiri adalah Pohon siwalan, mengingat kondisi fisik Kabupaten Tuban daerah Karst yang gersang dan kering sehingga pohon siwalan cocok sebagai komoditas lokal, tanaman yang kedua adalah kacang tanah, merupakan komoditas unggulan pertanian Kabupaten Tuban.

b.     Faktor Sosial

Faktor sosial yang perlu diperhatikan adalah, Sumber Daya Manusia, dapat dilihat dari tinggat pendidikan penduduk, berapa jumlah sarjana, penduduk yang mengenyam pendidikan dan sebagainya.

Jonny Richards

Templateify is a site where you find unique and professional blogger templates, Improve your blog now for free.

1 Comments

  1. faktor wilayah kelautan memang sangat mempengaruhi komoditas yang bisa kita dapat dari wilayah laut indonesia, makasih min buat artikelnya

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post